Technoaiti Memungkinkan Membayar Belanja Marketplace di Minimarket

    No Comments Bisnis

    Bagi pembeli marketplace yang tidak mempunyai rekening bank atau tidak ada saldo yang cukup di rekeningnya saat ini tidak perlu khawatir saat berbelanja secara online di marketplace karena dapat membayar belanjaannya di minimarket terdekat menggunakan uang tunai. Dengan techno aiti yang canggih seperti sekarang ini memungkin mengkoneksikan satu tempat dengan server perbankan. Minimarket-minimarket yang menjamur di Indonesia hampir semua sudah bekerja sama dengan sistem pembayaran, salah satunya sistem pembayaran marketplace. Kerja sama seperti ini memudahkan pembeli di marketplace untuk melakukan pembayaran secara cepat meski tidak melalui transfer bank, tetapi menggunakan uang tunai. Biaya yang dikeluarkan untuk jasa pembayaran ini juga tergolong murah.

    Proses belanja di marketplace dan pembayaran di minimarket dapat digambarkan seperti berikut ini. Saat pembeli mengakhiri proses belanja di marketplace, sistem akan meminta pembeli memilih metode pembayaran. Pembeli dapat memilih metode pembayaran dengan mengklik indomaret, alfamaret, atau nama minimarket yang terdaftar di daftar metode pembayaran.

    Setelah memilih selanjutnya sistem memberikan nomor resi dan jumlah yang harus dibayar. Catatlah nomor resi tersebut. Jika menggunakan aplikasi marketplace di handphone, anda bisa tunjukan langsung ke kasir di minimarket untuk membayarnya. Jumlah yang harus dibayar akan lebih besar technoaiti yang tagihan dari marketplace. Selisih jumlah teersebut merupakan biaya jasa pembayaran untuk minimarket tersebut. Namun jumlah selisih pembayarannya tidak terlalu besar, sekitar dua ribu sampai tiga ribu rupiah saja. Biaya yang cukup kecil untuk mendapatkan layanan yang memudahkan belanja di marketplace.

    Setelah membayar di minimarket sistem akan mendeteksi data pembayaran dalam beberapa detik saja, bisa langsung dilihat saat pembeli masih berada di depan kasir utnuk memastikan bahwa pembayaran yang dilakukan benar datanya. Sistem marketplace otomatis membuat status pelunasan terhadap belanjaan pembeli, dan akan mengirimkan barang yang sudah dibeli.

    Techno aiti seperti ini sudah dapat dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat saat ini. Perkembangan teknologi ini akan semakin cepat beriringan dengan kemajuan pembangunan infrastruktur dan teknologi yang mendukungnya.

    Masyarakat dituntut lebih bijak dalam menggunakan layanan techno aiti sehingga produk yang ditawarkan digunakan sebagaimana mestinya. Selain keuntungan-keuntungan yang didapatkan dari perkembangan teknologi ini ada sisi akibat buruk yang mengiringinya. Karena semakin mudah berbelanja maka akan menumbuhkan gaya hidup konsumerisme. Jari tangannya seperti mempunyai sihir yang hanya dengan memainkan jari di tempat tidur maka barang-barang dapat dibeli dengan mudah. Apalagi jika menggunakan kartu kredit akan mudah terlena dengan mudahnya belanja, akan kaget jika tagihan kartu kredit membengkak pada bulan berikutnya. Kontrol terhadap nafsu belanja harus dimiliki oleh pembeli supaya dapat mengerem belanja hanya barang-barang sesuai dengan kebutuhan saja.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *