Membahas Busana Muslim dan Busana Muslim Syar’i

    No Comments Bisnis

    Busana muslim adalah busana atau pakaian yang dipakai oleh seluruh umat islam baik perempuan maupun laki-laki, untuk menemani aktifitas sehari-hari mereka. Busana muslim ditujukan untuk menutup aurat pemakainya dari orang-orang yang bukan merupakan mahramnya, maksud mahram/mahramun disini adalah, orang-orang yang haram jika dinikahi). Maka orang yang bukan mahram kita tersebut dilarang melihat aurat kita, jika mereka sampai melihatnya maka akan menyebabkan dosa baik untuk kita maupun mereka yang melihat.
    Mengenai busana muslim sendiri Allah telah mengaturnya dalam surat Al A’raf ayat duapuluh enam, yang artinya adalah sebagai berikut :
    “Wahai anak cucu Adam, sesungguhnya Kami telah menyediakan pakaian untuk menutup auratmu dan untuk perhiasan bagimu. Tetapi pakaian taqwa itulah yang lebih baik”.
    Sebenarnya busana muslim bukan hanya pakaian yang dikenakan saat menghadiri acara keagamaan, acara formal atau hari raya saja, namun sejatinya busana muslim adalah pakaian yang harus dikenakan disetiap kegiatan atau aktivitas umat muslim.

    Di Indonesia sendiri perkembangan busana muslim sangatlah pesat, dalam satu tahun sudah ada puluhan gaya yang berbeda yang ditawarkan oleh produsen pakaian muslim. Termasuk diantaranya adalah perkembangan gamis, gamis merupakan jenis pakaian muslim yang menjadi primadona di kalangan masyrakat islam Indonesia, karena gamis dinilai sangat pas dan memenuhi syarat pakaian syari. Selain itu banyak juga busana khas daerah-daerah yang diusung untuk menjadi busana muslim, namun dsainer atau produsen baju tersebut tetap menambahkan unsur-unsur syar’i yang harus dipenuhi.
    Sebenarnya busana muslim syar’i pengertian dan kegunaannya sama saja dengan busana muslim, akan tetapi agar sebuah baju atau pakaian bisa dikatakan syar’i ada syarat-syarat yang harus dipenuhi dan si pemakai harus mematuhi adab berpakaian secara Islam. Syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut.

    1. Tidak Transparan
    2. Menutup Aurat Secara Sempurna
    3. Tidak Berlebihan dan Bukan Ditujukan sebagai Perhiasan
    4. Tidak Menampakkan Lekuk Tubuh
    5. Dan Bahan yang Digunakan Untuk Membuat Pakaian Tersebut Adalah Halal
      Jika diingat-ingat kembali 10 samapai limabelas tahun yang lalu rasanya busana muslim masih memiliki image ‘anak pesantren’ ‘cupu’ bahkan ada beberapa orang yang membercandai seseorang yang mengenakan pakaian syari dengan kata-kata ‘sok suci’ tidak semuanya memang yang memiliki pandangan seperti itu, namun nyatanya jika dibandingkan dengan bertahun-tahun lalu saat ini oramg mengenkan hijab memang lebih gampang ditemui, dulu. Bahkan dulu rasanya anak-anak muda tidak ada yang mengenakan gamis, gamis rasanya selalu diidentikkan dengan ibu-ibu.
      Tapi jika mengamati trend busana muslim Alhamdulillah sudah banyak orang islam yang sadar akan auratnya dan mau menutupinya, rasanya sekarang sudah tidak lagi susah menemukan oseorang wanita berhijab. Bahkan sejak maraknya gerakan pemuda berhijrah, alhamdulillah ada banyak kaum muda yang sadar akan pentingnya berbusana muslim secara syar’i.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *